Hospital News

Tahu Tidak? Efek Samping Tersembunyi di Obat-obatan yang Anda Minum

Info Sehat — Dunia masa kini bagi orang sakit identik dengan obat-obatan, apalagi orang sakit secara psikologis hal apa pun akan dilakukan yang penting cepat sembuh.

Umumnya sembarang obat-obatan akan dicari dan diminumnya dengan kata kunci asal cepat sembuh tanpa mengindahkan bahayanya atau efek samping dari konsumsi obat-obatan.

Maka diperlukan pengetahuan apa efek sampingnya yang  tersembunyi.

Seperti dikutip dari Mirror, obat dengan efek samping tersembunyi ini adalah:

1. Antasida
Obat ini banyak digunakan untuk menetralkan kadar asam di dalam lambung. Menurut dr Sarah Brewer, seorang ahli gizi, obat ini juga dapat mengurangi kelarutan mineral seperti kalsium, zat besi non-hem, seng, dan fosfat. Risiko jika dikonsumsi dalam jangka panjang, dapat meningkatkan risiko anemia dan osteoporosis.

2. Statin
Statin dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dengan menghambat enzim hati. Tapi tahukah kamu jika enzim hati diperlukan untuk membuat co-enzim Q10 yang penting dalam memproduksi energi dalam sel. Menurut dr Brewer, efek lain dari statin dapat membuat nyeri pada otot dan kelelahan untuk orang yang memakainya.

3. Pil KB
Pil jKB yang banyak dipilih untuk membatasi jumlah anak. Menurut Michael Wakeman, salah seorang apoteker, penggunaan pil KB secara signifikan dapat menguras folat dan vitamin B yang dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf.

4. Metformin
Metformin efektif mengendalikan diabetes tipe 2. Pasien akan diberikan resep obat ini dalam jangka waktu yang lama. Namun, penelitian menunjukkan bahwa obat ini dapat menguras kadar vitamin B1, B12, D, asam folat, dan Magnesium tergantung dari dosis dan lama mengkonsumsinya.

5. Beta-blocker
Obat ini digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Namun, efek samping dari obat ini dapat menghambat enzim yang menggunakan co-enzyme Q10 yang memproduksi energi dan menyebabkan kelelahan.

6. Obat Penghilang Rasa Sakit
Jenis obat penghilang rasa sakit yang biasa digunakan, yaitu aspirin dan ibuprofen. Ibuprofen dapat mempengaruhi asam folat dan vitamin B6. Sedangkan aspirin, jika digunakan dalam jangka panjang dapat membuat kadar asam folat dan vitamin B12 rendah. Aspirin juga dapat meningkatkan kehilangan kandungan vitamin C dan seng dalam urin.

Sumber : moeslimchoice.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*