Hospital News

Mitos dan Fakta tentang Virus Corona?

INFO SEHAT — Selama pandemi virus corona atau covid 19 bermunculan tips atau informasi tentang corona.

Apakah itu hoaks atau bukan dan mitos atau fakta.

1. Mitos: Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh dapat membunuh virus corona

Faktanya : Alkohol atau klorin tidak akan membunuh virus yang telah masuk ke dalam tubuh Anda. Sebaliknya, menyemprotkan zat-zat tersebut dapat berisiko membahayakan selaput lendir, seperti mata dan mulut.

Perlu diketahui bahwa penggunaan alkohol atau klorin bertujuan untuk mendisinfeksi permukaan. Selain itu, penggunaan kedua zat tersebut harus di bawah rekomendasi yang tepat.

2. Mitos: COVID- 19 hanya menyerang lansia, bukan anak-anak muda

Waspada, 5 Penyakit Telinga Ini Bisa Menyerang Lansia | Perawat ...

Faktanya: Semua orang dari berbagai rentang usia dapat berisiko terinfeksi COVID-19. Akan tetapi, orang lanjut usia yang pertahanan tubuhnya sudah menurun dan orang-orang yang sebelumnya pernah mengalami kondisi medis, seperti asma, diabetes, penyakit jantung, lebih rentan untuk menjadi sakit parah akibat virus. Dan anak – anak muda sering tidak memiliki gejala, sehingga berpotensi menularkan kepada orang tua dan kelompok orang yang memilik penyakit kronis tertentu.

3. Mitos: Berkumur air hangat dengan garam dan cuka dapat menangkal virus corona

충분한 수분 섭취를 지키는 데 필요한 꿀팁 10 | 허프포스트코리아 LIFE

Faktanya: Berkumur air hangat dengan campuran garam ataupun cuka memang sudah lama digunakan sebagai cara menghilangkan gejala penyakit yang berkaitan dengan flu. Akan tetapi, belum ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa cara tersebut dapat membantu menangkal virus corona COVID-19.

4. Pemindai termal efektif dalam mendeteksi orang yang terinfeksi virus corona

Cara Kerja Teknologi Thermal Scanner untuk Memindai Suhu Tubuh ...

Faktanya: Pemindai termal  hanya efektif saat mendeteksi orang-orang yang menderita demam. Akan tetapi, untuk orang yang sudah terinfeksi, tetapi belum sakit demam, tidak efektif. Karena, dibutuhkan waktu 2 – 10 hari sebelum orang yang terinfeksi menjadi sakit dan mengalami demam.

5. Berjemur saat matahari bersinar terik atau tereskpos dengan suhu > 250C dapat mencegah penularan COVID 19

Tingkatkan Imunitas Hadapi Covid-19, Berjemur Cukup 15 Menit Saja

Faktanya: Panasnya cuaca atau semakin tinggi suhu tidak dapat mencegah penularan Covid 19, hal yang dapat mencegah penularan adalah dengan sering mencuci tangan, hindari menyentuh wajah dan physical distancing. Ada pun keuntungan yang didapatkan saat berjemur di jam yang tepat dalam 10 – 15 menit adalah memicu produksi vitamin D3 di tubuh kita  untuk kesehatan tulang.

6. Mandi air panas dapat mencegah penularan virus corona

10 Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan

Faktanya: Mandi air panas tidak dapat mencegah Anda dari paparan  COVID-19. Karena, suhu tubuh normal manusia tetap berada di rentang 36,5 – 370C, terlepas anda mandi air panas atau tidak. Hal yang dapat mencegah penularan adalah dengan sering mencuci tangan, hindari menyentuh wajah dan physical distancing

7. Makan bawang putih dapat mencegah infeksi COVID-19

Bawang Putih Ternyata Bisa Atasi Sakit Gigi, Begini Cara dan Efek ...

Faktanya: Bawang putih memang merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mengandung zat antimikroba di dalamnya. Namun, belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan bahwa bawang putih dapat mencegah infeksi COVID-19.

Sumber : rs-elisabeth.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*