Hospital News

Apa Arti Diagnosa Gizi Itu

Shutterstock

INFO SEHAT — Diagnosa Gizi adalah mengidentifikasi dan memberikan label pada problem gizi yang spesifik, yang merupakan tanggung jawab profesi gizi untuk menanganinya secara mandiri.

Dalam melaksanakan Asuhan Gizi Klinik , Petugas Gizi Puskesmas dituntut bisa menegakkan diagnosa gizi secara mandiri tanpa meninggalkan komunikasi dengan profesi lain di Puskesmas dalam memberikan layanan.

Dalam asuhan gizi dikenal dua konsep penting yaitu ; Asuhan terstandar (Standardized care) dan Proses terstandar (Standardized Process).

Asuhan Gizi terstandar memberikan klien/pasien di Puskesmas menerima asuhan gizi yang sama, sedangkan proses terstandar dalam asuhan gizi memberikan klien/pasien struktur dan kerangka yang konsisten yang digunakan dalam memberikan asuhan gizi.

Dalam kontek asuhan gizi lebih mengarah pada suatu proses Asuhan , oleh karena itu maka asuhan gizi didasarkan pada penetapan diagnosa gizi sebagai sebuah proses yang dinamis/ tidak statik. Maka asuhan gizi itu adalah lebih tepat merupakan istilah PROSES ASUHAN GIZI (Nutrition Care Process ).

Diagnosa gizi didasarkan pada langkah-langkah manajemen asuhan gizi dalam memberikan diagnosa gizi pada problem /masalah gizi individual ataupun kelompok masyarakat. Jadi Proses Asuhan gizi itu berorientasi pada problem gizi yang aktual.

Problem gizi ini yang kemudian ditetapkan dalam determinasi bahasa diagnosa yang harus diupayakan sama bagi Ahli gizi manapun sebagai dasar komunikasi profesi dan berlaku menyeluruh. Jadi Diagnosa gizi ini menjadi
bahasa standar sesama ahli gizi di Puskesmas.

Oleh karena itu maka petugas gizi Puskesmas sebagai bagian Ahli Gizi Indonesia memiliki standar bahasa yang sama, tidak lagi menggunakan diagnosa medis sebagai bahasa diagnosa gizi. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*